Manfaat Sari Buah Merah

Agustus 7, 2008 at 9:10 am 10 komentar


Latar Belakang Buah Merah Papua

Buah merah awalnya hanya digunakan untuk makanan babi dan tumbuh liar di hutan Papua. Kepopuleran buah merah baru terangkat dan menjadi berharga setelah Drs. I Made Budi MSc berhasil membuat buah merah sebagai obat alternatif untuk menyembuhkan penyakit-penyakit mematikan, seperti Kanker, Diabetes, Tumor, rematik, jantung hingga HIV/AIDS.

Nama latin Buah Merah adalah “Pandanus Conoideus Lam” (Red Fruit=English) adalah tanaman khas spesifik atau endemik yang tumbuh di pulau Papua. Tanaman buah merah termasuk tanaman keluarga pandan-pandanan dgn pohon menyerupai pandan, namun tinggi tanaman dapat mencapai 16m dengan tinggi batang bebas cabang sendiri setinggi 5 sampai 8 m yang diperkokoh akar-akar tunjang pada batang sebelah bawah. Kultivar buah berbentuk lonjong dgn kuncup tertutup daun buah. Buah Merah sendiri panjang buahnya mencapai 55 cm, diameter 10-15 cm, dan bobot 2-3 kg. Warnanya saat matang berwarna merah maroon terang. Walau sebenarnya ada jenis tanaman ini yg berbuah berwarna coklat dan coklat-kekuningan

 

Apa sebenarnya yang menyebabkan buah merah sangat berkhasiat bagi banyak penyakit?

Kandungan yang paling menonjol dari buah merah adalah antioksidan. Beberapa antioksidan yang sangat penting antara lain betakaroten, tokoferol, dan juga kalsium. Bahkan, kandungan kalsium dalam buah merah merupakan yang tertinggi di dunia. Kalsium sangat penting dalam metabolisme tubuh untuk memperbaiki kondisi kesehatan. Kalsium berfungsi sebagai kofaktor dalam mempercepat dan memperbaiki proses metabolisme tubuh.

 

Bagaimana proses kerja sari buah merah dalam tubuh?

Proses kerja buah merah yaitu, betakaroten yang tinggi bermanfat sebagai antioksidan yang mampu mem-blow-up perkembangan kanker atau menonaktifkan pertumbuhan kanker melalui proses metabolisme. Berbagai jurnal penelitian telah membuktikan bahwa betakaroten terbukti bermanfaat sebagai obat kanker. Drs. I Made Budi Msc. sudah menguji ke berbagai penyakit degeneratif lainnya seperti asam urat, kolesterol, jantung, dan darah tinggi. Semua penyakit tersebut tidak sukar dibasmi dengan sari buah merah. Dengan kata lain, betakaroten dan tokoferol ibarat pemadam kebakaran.

Betakaroten berfungsi memperlambat berlangsungnya flek pada arteri sehingga aliran darah ke jantung dan ke otak menjadi lancar tanpa hambatan. Interaksinya dengan protein meningkatkan produksi antibodi. Betakaroten meningkatkan jumlah sel-sel pembunuh alami dan memperbanyak aktifitas sel-sel T helpers dan limfosit. Bertambahnya sel-sel pembunuh alami menekan radikal bebas, senyawa karsinogen dan kehadiran sel kanker. Jika antioksidan tersedia setiap saat dalam darah maka sel-sel tubuh terlindungi dari kerusakan akibat radikal bebas. Peran buah merah sebagai antikarsinogen semakin lengkap dengan kehadiran tokoferol. Senyawa ini berperan dalam memperbaiki sistem kekebalan tubuh dan mengurangi mobiditas dan mortalitas sel jaringan. Kolesterol dalam darah pun dinetralisir. Buah merah juga mengandung omega 3 dan omega 9 dalam dosis tinggi. Sebagai asam lemak tak jenuh, omega 3 dan omega 9 gampang dicerna dan diserap sehingga memperlancar proses metabolisme.

 

Sari buah merah meluruhkan LDl (kolesterol yang menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah dan meningkatkan HDL (kolesterol yang memperlancar peredaran darah) sehingga terjadi keseimbangan kolesterol dalam darah. Lancarnya proses metabolisme sangat membantu proses penyembuhan penyakit. Sebab, tubuh mendapat asupan protein yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Bahkan, dengan membaiknya proses metabolisme akan sangat membantu hati meregenerasi sel-sel hati yang rusak akibat hepatitis.

 

 

 

 

Khasiat Sari Buah Merah
Peran Sari Buah Merah dalam Membantu Proses Penyembuhan Penyakit Kronis 

Kanker dan Tumor
Kanker adalah pertumbuhan sel abnormal yang tumbuh dengan cepat dan tak terkendali. Penyebabnya zat karsinogen, radiasi, virus, hormon.
Kandungan tokoferol dan beta karoten merupakan antioksidan(penangkan racun) dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta mencegah dan menghambat permbiakan sel-sel kanker (karsinogen).
Hepatitis
Hepatitis merupakan gangguan pada fungsi hati yang sebagian besar disebabkan adanya virus. Hepatitis B dan C yang tidak diobati dapat berkembang menjadi kanker hati (sorosis).
Sari buah merah mengandung antivirus dan antioksidan yang dapat menghambat pembentukan sel kanker. Selain itu, sari buah merah memacu regenerasi sel hati.
Hipertensi, Stroke, dan Jantung
Seseorang dinyatakan hipertensi bila tekanan darahnya di atas 140/90 mm Hg. Orang beresiko terkena hipertensi bila tinggi kolesterol, makan makanan beralkohol, merokok, obesitas, dan kurang olah raga. Penyakit yang sering menyertai hipertensi yaitu stroke dan serangan jantung.
Buah merah mengandung tokoferol yang dapat mengencerkan darah dan memperlancar sirkulasi darah sehingga kandungan oksigen dalam darah normal. Beta karoten dapat memperlambat penumpukan flek dalam pembuluh darah sehingga aliran darah ke otak maupun jantung dapat berjalan lancar.
Kolesterol
Tinggi kolesterol dalam darah, terutama trigliserida dan HDL (High Density Lipoprotein), dapat menyebabkan pengapuran dan penyempitan pembuluh darah di jantung, otak dan ginjal. Pemicunya adalah konsumsi makanan yang mengandung asam lemak jenuh yang berlebihan.
Sari buah merah dapat menetralisir kolesterol dalam darah.

Diabetes Mellitus
Kelenjar pankreas dalam tubuh tidak dapat memproduksi insulin dalam jumlah yang dibutuhkan sehingga penyerapan gula darah kurang. Akibatnya kadar gula dalam darah meningkat.

Tokoferol memperbaiki kerja pankreas menjadi normal kembali.

Osteoporosis (pengeroposan tulang)
Penyebab utama karena tubuh kekurangan kalsium sehingga kalsium di dalam tulang diurai untuk mencukupi kekurangan tersebut.

Dengan kandungan kalsium yang tinggi. Buah merah dapat menambah jumlah kalsium dalam tubuh sehingga dapat mencegah dan mengobati osteoporosis.

Gangguan Mata
Gangguan mata yang disebabkan kurangnya vitamin A dapat diatasi dengan buah merah. Beta karoten (provitamin A) dalam buah merah akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh.

Meningkatkan Kecerdasan
Kandungan omega 3 dan omega 6 dalam buah merah dapat merangsang kecerdasan.

Meningkatkan Gairah Seksual dan Kesuburan
Sari buah merah dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual. Adapun tokoferol atau vitamin E yang tinggi dapat meningkatkan kesuburan, baik pada pria atau wanita.

KANDUNGAN SENYAWA AKTIF DALAM SARI BUAH MERAH
 
Senyawa Aktif Kandungan
Total Karotenoid  12.000 ppm
Total Tokoferol   11.000 ppm
Betakaroten  700 ppm
Alfa Tokoferol  500 ppm
Asam Oleat  58 %
Asam Linoleat  8.8 %
Asam Linolenat  7.8 %
Dekanoat 2.00%

KOMPOSISI ZAT GIZI PER 100 GRAM BUAH MERAH
 
Senyawa Aktif Kandungan
Energi 394,00 kalori
Protein 3.300,00 mg
Lemak 28.100,00 mg
Serat 20.900,00 mg
Kalsium 55.000,00 mg
Fosfor 30,00 mg
Besi 2,44 mg
Vitamin B1 0,90 mg
Vitamin C 25,70 mg
Nialin 1,80 mg
Air 34,90 %

 

 

 

 

 

 

 

 

About these ads

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Busy Day Liburan..liburan..

10 Komentar Add your own

  • 1. Mada  |  Agustus 8, 2008 pukul 6:47 am

    Wah bagus sekali khasiat buah ini. Selain di Papua apa bisa tumbuh di daerah lain?

    Balas
    • 2. Ramlah jafar  |  Agustus 10, 2009 pukul 10:25 am

      ya bisa lah nyatahx banyak thu yang tumbuh di sulawesi selatan & barat. bukan cuma di papua aja. ibuq kmarin pulang bawah bxk dari sulbar, malah jdi air minum sehari2 thu…..!

      Balas
  • 3. amyrahma  |  Agustus 12, 2008 pukul 7:39 am

    setau aku sih namanya juga buah merah papua, ya tumbuhnya cuma di papua, tapi klo yg jual dlm bntuk obat kapsul atau syrup sih udh banyak.
    hehe..emg bagus sih khasiatnya.aku juga pgn nitip ama tmn yg kerja di papua.

    Balas
  • 4. Mada  |  Agustus 15, 2008 pukul 6:13 am

    Ya bener, kemarin waktu jalan-jalan ke Carrefour sudah ada dalam bentuk kapsul. Lumayan juga harganya tapi belum sempat beli.

    Balas
  • 5. runa  |  Desember 6, 2008 pukul 7:17 am

    ia bgus banget tu,aq p’nh baca bku ttng buah mrah kasiatnya byk bgt.aq pngn sh sbnrnya lht langsung

    buahnya,kyk gmn bntk n rupanya,tp mau gmn s’cr aq bkn ttnggl dPapua.

    hehehehe

    Balas
  • 6. asmulawarman  |  Februari 6, 2009 pukul 2:48 am

    itu bagus banget, tapi apabetul buah merah hanya ada dipapua?

    –Amy reply–

    Sebenarnya memang buah itu banyak ditemukan di papua, tapi klo dalam bentuk olahannya baik dlm bntuk syrup ato tablet sdh buisa didapat di daerah lain.

    Balas
  • 7. MEICKY  |  Februari 11, 2009 pukul 3:06 am

    memang banyak produk dari buah merah sudah ada di luar papua di sebabkan oleh manfaatnya yang sangat berguna bagi kita yang kehidupannya sudah sangat di pengaruhi oleh kondisi sekitar kita yang kurang sehat, pola makan, gaya hidup, dan akhirnya memberi dampak negatif pada tubuh kita. Kalo ada yang membutuhkan baik untuk di konsumsi atau untuk di jual lagi bisa hubungi saya di Timika di 0811491757, minyak dari buah merah itu yang kami jual bukan kapsul.

    Balas
  • 8. mandacan  |  Maret 4, 2010 pukul 3:08 am

    buah merah bukan asalnya dari pulau papua, akan tetapi berasal dari manokwari sebab zaman dahulu suku arfak telah menanam buah merah tsb dan merupakan bahan pokok makanan suku arfak…suku yang lain hanya sekarang meniru dan mengikuti suku arfak menanamnya di daerah mereka…tolong di beritakan asal buah merah yang sebenarnya jgn di katakan bahwa buah merah berasal dari tanah papua….. papua itu luas dan besar…trima kasih dan sekian

    Balas
    • 9. amyrahma  |  Mei 23, 2010 pukul 10:10 am

      to manadacan: terimakasih infonya, saya hanya mengutip juga dri sebagian berita yg ada di internet juga.

      Balas
  • 10. umar  |  Juni 17, 2010 pukul 10:51 am

    Bila ada yg memerlukan buah merah sy ada……? kebetulan kaka ada di Wamena, jadi pasti SARI BUAH MERAH dari sana… !! Harga murah dan dapat dijual kembali, ADA AMPAS, TIDAK ASLI 100% uang kembali……!!!! 0812 8039 6464

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Agustus 2008
S S R K J S M
« Jul   Sep »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Tamu Kunjungan

  • 63,173 hits

my Photo's

P1080595

CIMG3677

CIMG3630

More Photos

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: