Fenomena Alam yang Luar biasa

Oktober 17, 2008 at 9:08 am 7 komentar


Dari kemaren berita 2 ttg Kabar Matahari akan terbit selama 36 jam tgl 17 okt itu rame bgt deh, melalui pesan2 di YM ato email. Tapi ini sebenernya memang masuk akal ga sih? Nah, ini kutipan beritanya yang diambil dari salah satu sumber :

 PADA tanggal 17 Oktober 2008, matahari akan terus menyinari kita selama 36 jam atau selama 1,5 hari. Selama peristiwa itu, Amerika dan sekitarnya akan gelap. Ini akan mengkonversi 3 hari menjadi 2 hari besar. Peristiwa ini terjadi setiap 2400 tahun sekali. Benarkah kabar ini?Baik melalui SMS, milis, maupun blogs, kabar di atas memang menyebar cepat dan menjadi perbincangan hangat dalam seminggu ini. Apa saja peristiwa angkasa yang akan terjadi selama sisa bulan Oktober 2008 ini?

Menurut Ketua Jogja Astro Club Mutoha fenomena alam seperti itu tak akan terjadi di Indonesia. Hanya saja, menurutnya, Oktober biasanya menjadi bulan awal musim penghujan di sebagian besar wilayah Indonesia.

“Pada bulan ini, posisi Matahari mulai berada di Selatan Ekuator, ini yang menjadi menyebab utama datangnya musim penghujan,” ujarnya.

Hujan dan awan memang menjadi musuh utama para pecinta langit malam. Kegelisahan para astronom di Indonesia memang dialami saat memasuki bulan Oktober dan sesudahnya. Namun, pada bulan Oktober biasanya justru pada malam harinya akan memberikan langit yang lebih cerah, terutama saat selesai hujan dan langit terbuka.

“Gangguan polusi udara yang biasanya terjadi selama pengamatan akan bersih akibat guyuran hujan,” jelasnya.

Peristiwa astronomi di Indonesia pada bulan Oktober juga akan meyuguhkan serangkaian fenomena yang bagus. Mulai dari berdekatnya Bulan dengan obyek langit lain, kalender fase Bulan, posisi planet-planet, kenampakan Rasi Bintang, dan tidak kalah menariknya adalah munculnya sekaligus dua meteor shower pada bulan ini, yaitu Draconid dan Orionids .

Berikut peristiwa langit yang akan terjadi hingga akhir Oktober 2008:

Sabtu, 17 Oktober 2008
Moon – Pleiades, Pukul 21:00 WIB

Malam ini kita dapat menyaksikan Bulan selepas Purnama yang berada sangat dekat dengan Gugus Pleiades (M45). Gugusan bintang yang sering diberi julukan 7 bidadari ini memang terdiri atas 7 bintang yang cukup terang dengan latar ratusan bintang. Pleiades berada di Rasi Taurus dan berada tidak jauh dari rasi Orion. Pemandangan ini dapat disaksikan selepas Isya di Langit Timur.Selasa, 21 Oktober 2008
Orionids Meteor Shower Peak, Pukul 01:00 WIB – Subuh

Selasa pagi dinihari ini sampai sebelum fajar kita dapat menyaksikan puncak Hujan Meteor Orionids (ORI – IMO 27). Kenampakan meteor ini sebenarnya dapat terlihat mulai tanggal 2 Oktober sampai 7 November nanti. Radiant meteor ini berada di sisi bawah Rasi Orion atau “Waluku”. Rasi ini tampak sangat dominan di langit Timur mulai lepas tengah malam.

Orionid dapat menampakkan sampai 20 meteor setiap jam saat puncaknya dengan kecepatan mencapai 66 km/s. Meteor shower Orionid ini merupakan sisa dari debu Komet 1P/Halley. Namun sayang kenampakan Orionids kali ini akan terganggu oleh benderangnya cahaya Bulan malam itu. Namun tidak ada salahnya untuk coba mengamati siapa tahu ada fireball yang cukup terang malam itu.

Selasa, 21 September 2008
Last Quarter Moon, Pukul 18:56 WIB (Geosentris)

Malam ini bulan pada fase Kuartal Akhir, terbit di arah Timur agak ke Utara lepas tengah malam dan terlihat hanya separo untuk belahan sisi Timur. Merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7×35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan. Saat matahari telah terbitpun bulan masih terlihat menggantung dilangit.
.
Rabu, 22 Oktober 2008
Mercury Greatest Western Elongation, Pukul 12:32 WIB (Geosentris)

Planet Merkurius pada posisi Elongasi Maksimum di sebelah Barat Matahari. Hari ini ini jarak sudut elongasi Merkurius terhadap matahari mencapai maksimum hampir sekitar 19 . Saat paling bagus menyaksikan planet ini di Langit Timur sore hari sebelum matahari terbit..Rabu, 29 Oktober 2008
New Moon, Pukul 06:16 WIB (Geosentris)

 

Bulan baru kali ini merupakan akhir Syawwal 1429 H sekaligus wal Zulqaidah 1429 H dan merupakan lunasi astronomis ke 1062 serta lunasi Islam ke 17147. Newmoon (bulan baru) secara astronomis berbeda dengan bulan baru yang dipergunakan untuk kalender lunar atau qomariyah misalnya kalender Hijriyah. Istilah lain untuk newmoon atau bulan baru ini adalah ijtimak.

Penanggalan lunar khususnya kalender Hijriyah menggunakan kriteria kenampakan “hilal” yaitu bulan sabit paling muda yang dapat terlihat oleh mata atau alat optik pada saat sore hari setelah matahari terbenam. Kenampakan hilal ini menjadi tanda mulainya awal bulan puasa kali ini. Kriteria kapan hilal mulai dapat terlihat menjadi perbedaan pandangan tentang kapan awal bulan dimulai.

Rabu, 29 Oktober 2008
Rukyatul Hilal – Zulqaidah 1429 Hijriyah, Sunset (Club Event)

Sore ini merupakan saat pelaksanaan rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan Zulqaidah 1429 Hijriyah dari Pos Observasi Bulan (POB) Parangkusumo Yogyakarta dan daerah lainnya di Tanah Air. Pada sore ini posisi hilal di POB Parangkusumo masih sekitar 2,5  atau masih di bawah limit Danjon yaitu batas visibilitas hilal. Pada ketinggian seperti ini secara astronomis mustahil hilal dapat disaksikan. Analisis dan prediksi awal Zulqaidah 1429 H menurut berbagai kriteria dapat diakses di situs Rukyatul Hilal Indonesia (RHI)..

Jumat, 31 Oktober 2008
Moon – Antares, Pukul 18:00 WIB

Bulan sabit malam ini posisinya sangat dekat dengan Antares bintang paling terang di Rasi Scorpius yang berwarna kemerahan

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Ketika CInta terurai Desas Desus Penyiaran Astro

7 Komentar Add your own

  • 1. madzz  |  Oktober 18, 2008 pukul 8:10 am

    tukeran link yukkkkk

    –Amy :

    Thanks ya sob, udh kunjungi and nyasar2 ke web blog aq.
    tukeran link? yuukkk mariiii……

    Balas
  • 2. madzz  |  November 4, 2008 pukul 12:16 am

    salam kenal tukeran link yukk

    Balas
  • 3. mulyanto  |  November 4, 2008 pukul 6:28 am

    Hahahaha, kalau siang menjadi 36 jam berarti putaran bumi menjadi lebih lambat sebanyak 2/3.

    s = v.t atau v = s/t

    dengan t2 = 1.5 t maka v2 = s/t2 = s/(1.5 t) = 2/3 v.

    wes rumus fisika saya cuman sampai segini, ngga mampu nurunin perubahan gravitasi akibat perlambatan ini. Yang jelas gaya gravitasi jadi semakin kecil.

    weleh, tapi kalau siang menjadi 36 jam bukan berarti kecepatan rotasi bumi berkurang. Bisa jadi karena poros bumi yang miring sehingga s nya bertambah.

    s2 = v.t2 = 1.5 v.t = 1.5 s

    bayangkan s adalah lingkar ekuator normal yang bunder, mendadak poros bumi jadi miring sehingga lingkar ekuator jadi lonjong dan panjangnya 1.5 kali lingkar ekuator normal. Tapi kalau lingkar ekuator jadi lonjong berarti bumi tidak bulat seperti bola basket tapi lonjong seperti bola american football.

    Hehehehehe🙂

    –Amy reply–

    Luarr biasa..fisikanya..hehehe…kalo aku sih dri dulu sama sekali ga suka yg namanya fisika…

    Balas
  • 4. mulyanto  |  November 4, 2008 pukul 7:58 am

    hehehehe salah hitung tuh🙂 . Siang normal itu 12 jam yah bukan 24 jam.

    seharusnya t2 = 3 t. Jadi v2 = 1/3 v.

    Terus s2 = 3 s alias lingkar ekuator jadi lonjong dan panjangnya 3 kali lingkar ekuator normal.

    masih salah hitung nggak?😀

    Balas
  • 5. amy  |  November 4, 2008 pukul 9:00 am

    GUbraxx…..oowww tidaakkk…masiihh aja dibahass…jangan tanyakan aku dgn rumus2 ituuu…bikin pusing kepalaa…kabuurr….:p

    Balas
  • 6. rachma  |  Maret 30, 2009 pukul 10:44 am

    tolong tampilkan kenampakan rasi bintang dalam seminggu,waktu terbitnya,terjadinya gerhana bulan total selama 10 tahun kedepan

    Balas
  • 7. rachma  |  Maret 30, 2009 pukul 10:47 am

    semuanya cinta FISIKA
    hehehehehehe .
    i love fisika

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Oktober 2008
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Tamu Kunjungan

  • 71,035 hits

my Photo's

PicsArt_1408196181003

PicsArt_1408195912604

20150405_125014

Lebih Banyak Foto

%d blogger menyukai ini: